Saturday, November 10, 2018

Resiko Sepelekan Kampas Rem Sepeda Motor. Segera Periksa

Hai Sobat, di artikel saya kali ini akan dibahas tentang pentingnya selalu memperhatikan kampas rem pada sepeda motor Anda. Saya menyarankan untuk mengecek ketebalan kampas rem sepeda motor secara rutin minimal 1 bulan sekali. Pertama yang akan dibahas adalah apakah rem itu? Rem adalah sebuah peralatan yang digunakan untuk memperlambat kecepatan sepeda motor atau menghentikan laju dari sepeda motor. Sebagian besar dari rem adalah menggunakan energi kinetik dengan mengaplikasikan gesekan, gesekan dari kedua benda tentunya akan menghasilkan panas. 
Ketika sepeda motor Sobat ditingkatkan sebanyak 2 kali dari kecepatan asal dengan rumus E = ½m·v2 maka sepeda motor Sobat akan memiliki energi kinetik empat kali lipat dari sebelumnya. Dan tentunya rem akan menggunakan energi sebesar kecepatan tersebut untuk berhenti, konsekwensi yang ditimbulkan adalah jarak pengereman yang dibutuhkan juga 4 kali lebih jauh

Dalam sistem rem terdiri dari:
  • Tuas tangan atau pedal rem
  • Penguat rem atau disebut booster
  • Kaliper rem atau silinder master rem
  • Kabel rem atau selang minyal rem

Pada sepeda motor pada umumnya menggunakan 2 sistem pengereman
  • Sistem rem drum atau tromol
  • Sistem rem cakram

Sistem Rem Drum atau Tromol

Jenis sepeda motor yang menggunakan rem tromol menggunakan sepatu rem (kampas tromol) yang ikut berputar sesuai dengan putaran roda sepeda motor. Kampas rem tromol terbuat dari bahan yang memiliki koefisien gesek yang tinggi sehingga dapat secara optimal dapat menghentikan sepeda motor. 
Akan tetapi sistem rem drum atau tromol memiliki kelemahan yang menurut saya cukup berbahaya, secara teori kampas rem yang terendam air akan menyebabkan koefisien gesek berkurang secara signikan. Untuk lebih mudah membayangkannya adalah ketika Sobat melakukan amplas cat mobil, jika Sobat membasahi amplas tersebut maka gerakan terasa lebih ringan. Nah... ini terjadi juga pada saat rem tromol Sobat terkena air, kemampuan sistem pengereman akan menjadi menurun. Saat ini sistem pengereman tromol sudah mulai ditinggalkan oleh produsen sepeda motor, dan menggantinya dengan sistem rem cakram

Sistem Rem Cakram

Rem cakram merupakan peralatan rem yang lazim digunakan pada sepeda motor yang memiliki teknologi lebih baik. Cara kerja rem ini adalah dengan menjepit cakram yang terpadang pada roda sepeda motor, piston mendorong kampas rem dan menjepit cakram sehingga kecepatan sepeda motor dapat berkurang. Pada sepeda motor generasi yang lebih baru sudah banyak yang menggunakan sistem rem cakram.
Akan tetapi sistem pengereman ini juga masih memiliki kelemahan, jika Sobat menggunakan sistem rem cakram untuk melewati medan yang berlumpur maka rem cakram tidak akan berfungsi dengan baik. Rem cakram cenderung terbuka dan memudahkan kotorang untuk masuk, lumpur yang menempel pada cakram dan sela-sela kampas rem akan menyebabkan rem menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Cara cek kampas rem drum atau tromol

Cara mengecek kampas rem tromol sangat mudah, Sobat bisa melihat di pangkal dari tuas rem yang ada di tromol. Di situ akan Sobat temukan tanda yang biasanya berbentuk segitiga lengkap dengan panah penunjuknya. 
Ketika panah melebihi tanda segitiga maka kampas rem Sobat sudah saatnya diganti. Ada kalanya baja yang terdapat dalam tromol terkikis seiring dengan usia penggunaan, sehingga jika Sobat mengganti dengan kampas rem baru masih terlihat habis di indikatornya. Saran Saya jangan pernah menunda penggantian kampas rem, sayangi diri Sobat ya....

Cara cek kampas rem cakram

Kampas rem cakram biasanya memiliki coakan pada pad-nya, Sobat dapat melihatnya di caliper rem. Ketika coakan tersebut mulai rata maka tandanya kampas rem harus diganti dengan yang baru. 
Gunakan kampas rem yang sesuai dengan bawaan sepeda motor Sobat, atau upgrade kampas rem yang memiliki kualitas yang lebih tinggi. Kampas rem yang tidak sesuai dapat merusak cakram sepeda motor.

Resiko sepelekan kampas rem

Pada rem cakram jika Sobat mengabaikan hal ini maka mengakibatkan hilangnya fungsi rem atau sering disebut rem blong. Penyebabnya adalah ketika kampas rem habis maka yang terjadi adalah cakram akan dijepit oleh logam sehingga menyebabkan panas yang berlebihan di sistem rem. Panas yang berlebihan dapat mendidihkan minyak rem yang berada di caliper, ketika minyak rem mendidih akan menghasilkan gelembung udara, Gelembung udara inilah yang dapat mengakibatkan hilangnya tekanan hidrolis pada sistem rem cakram. Saat itu rem cakram benar benar tidak memiliki fungsi sebagai rem, sehingga dapat membahayakan Sobat jika kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi.

Terima kasih atas kunjungannya di blog Saya, sukses selalu brother....

1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete