Tuesday, November 27, 2018

Cara Membersihkan dan Mencegah Karat Pada Knalpot Motor

Hai Sobat, pada artikel kali ini Saya akan memberikan sebuah tips tentang bagaimana membersihkan dan mencegah karat pada knalpot motor kesayangan Anda. Seperti kita ketahui bersama knalpot adalah sebuah sparepart sepeda motor yang bertugas untuk menyalurkan gas pembuangan hasil pembakaran, tentunya gas pembakaran tersebut memiliki panas yang cukup tinggi. Panas tinggi inilah yang menyebabkan knalpot rawan terhadap karat, dan semakin lama maka knalpot sepeda motor Sobat akan berlobang.
Lobang yang ada pada knalpot akan menyebabkan suara motor Sobat menjadi berisik serta dapat juga menyumbat keluarnya gas pembuangan. Jika tidak diatasi biasanya kondisi knalpot akan menjadi lebih parah dan sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Nah... ini merupakan pemborosan, jadi sebelum Sobat keluar uang yang cukup banyak untuk membeli knalpot maka Saya anjurkan untuk merawatnya dari sekarang.

Penyebab Karat Pada Knalpot


Karat pada besi merupakan hasil korosi atau sering disebut sebagai oksidasi logam. Rumus kimia dari Besi adalah Fe ketika mengalami proses perkaratan maka rumus kimianya menjadi Fe2O3.xH2O. Lhoo. Koq bisa begitu ya?? jawabannya adalah proses pengaratan atau Korosi merupakan sebuah proses elektro kimia, dalam proses tersebut Besi (Fe) akan berfungsi sebagai pereduksi sedangkan oksigen (O2) yang terlarut di dalam air (H2O) berfungsi sebagai pengoksidasi. 

Perhatikan proses kimia di bawah ini.

Anode: Fe(s) → Fe2+(aq) + 2e-
Katode: O2(g) + 4H+(aq) + 4e- → 2H2O(l)

Ketika Sobat sudah mengerti dengan asal muasal karat, maka sudah mengetahui penyebabnya. Penyebabnya adalah kandungan oksigen dalam air, maka untuk mencegahnya adalah dengan menutup bagian besi yang berkarat agar tidak dapat bersentuhan dengan air. Sebelum Sobat melaksanakan pencegahan jika karat sudah terjadi maka yang harus dilakukan adalah membersihkan karat di knalpot sepeda motor Sobat.

Cara Membersihkan Karat Pada Knalpot Motor


Membersihkan karat pada knalpot merupakan pekerjaaan yang menurut Saya gampang untuk dilakukan sendiri, tanpa membawa sepeda motor kesayangan Sobat ke Bengkel langganan. Pada knalpot yang sering berkarat adalah bagian leher knalpot, bagian ini merupakan bagian dari knalpot yang memiliki panas paling tinggi serta paling mudah terkena air.
Nah Langkah pertama adalah Gunakan Ampelas ukuran 500 ke bawah untuk membersihkan karat yang sudah ada dengan sangat cepat. Lalu gunakanlah ampelas halus ukuran 1.500 keatas, jika sudah maka Sobat bisa menggosoknya dengan batu hijau atau autosol. 
Harga dari batu hijau dan autosol gak akan buat kantong Sobat jebol, tempat Saya yang kecil dijual sekitar 10rb an saja.

Cara Mencegah Karat Pada Knalpot Motor


Setelah bersih maka yang Sobat perlu lakukan adalah mencegah agar karat tidak muncul lagi, ingat prinsip dari karat yang telah Saya jelaskan di atas yaa... intinya adalah bagaimana caranya Sobat menghalangi air untuk bersentuhan langsung dengan besi. 
Cara Pertama Mencegah Karat Pada Knalpot Motor adalah dengan mengecat knalpot Sobat menggunakan cat anti panas, sehingga knalpot Sobat akan memiliki usia pakai yang sangat panjang.
Cara Kedua Mencegah Karat Pada Knalpot Motor adalah menggunakan oli mesin, hal ini dapat mencegah karat dalam waktu yang tidak lama. Caranya adalah panaskan sepeda motor Sobat selama lebih dari 5 menit, lalu usapkan oli pada leher knalpot dan lakukan secara berulang ulang dalam kondisi knalpot masih panas.
Untuk bagian dalam knalpot, berikan oli secukupnya agar bagian dalam juga terhindar dari karat.

Nah, selamat mencoba ya Sobat... Semoga artikel Saya tentang Cara Membersihkan dan Mencegah Karat Pada Knalpot Motor dapat membantu, jangan lupa share. Terima kasih dan sukses selalu

1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete