Saturday, November 24, 2018

Kelebihan Motor dengan Rem ABS dan Cara Merawatnya

Kelebihan Motor dengan Rem ABS

Sistem rem yang menggunakan anti-lock braking system atau sering disingkat ABS adalah rem yang mengaplikasikan sistem anti penguncian roda pada saat terjadi pengereman yang bersifat mendadak serta keras. Sistem pengereman jenis ini membantu sepeda motor Anda selalu stabil untuk dikendarai dalam kondisi pengereman mendadak. Roda tidak akan berhenti secara mendadak sehingga ban menggesek aspal. Hal tersebut membuat motor Anda tidak kehilangan kendali.
Pada roda motor yang menggunakan rem ABS dilengkapi dengan sensor kecepatan, sensor tersebut akan mendeteksi kondisi ban yang berhenti mendadak. Setelah itu sensor akan memerintahkan piston rem untuk kembali pada posisi normal atau tidak menjepit, dan memerintahkan untuk menjepit lagi tanpa mengunci putaran ban. Cara kerja ini sangat cepat mencapai 1/15 detik sampai dengan motor Anda berhenti dengan aman.
Jika Anda analogikan supaya lebih gampang membayangkan cara kerjanya adalah mirip dengan mengocok rem secara manual sampai berhenti tanpa mengunci ban, Cuma bedanya dengan sistem ABS pengocokan rem berlangsung sangat cepat dan akurat.

Rem ABS sudah saatnya diterapkan kepada seluruh motor baru karena memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dari rem tanpa ABS. Ada beberapa yang mengulas tentang bahwa rem ABS memerlukan jarak yang lebih jauh untuk berhenti jika rem mendadak, ada benarnya juga ... akan tetapi apabila dibandingkan motor Anda selip dan limbung?? Saya masih berpendapat sistem rem ABS lebih aman.
Untuk lebih meyakinkan Anda, Saya memberikan video di bawah ini tentang perbedaan handling sepeda motor yang telah mengaplikasikan sistem rem ABS dengan rem tanpa ABS. Motor dengan rem ABS nampak sangat stabil di medan licin dan basah, sedangkan tanpa ABS terlihat terpelanting dan motor hilang kendali.

Cara Merawat Rem ABS Motor

Rem ABS motor memiliki sensor di mana sensor tersebut terletak di bagian yang terbuka dan mudah untuk dimasuki kotoran seperti lumpur,  jika sensor dalam kondisi kotor karena tertutup lumpur maka sensor tidak dapat bekerja dengan baik untuk menentukan apakah ban dalam posisi terkunci secara mendadak.
Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut maka syaratnya adalah rajin mencuci motor terutama di bagian sensor ABS setelah motor digunakan di medan berlumpur.

Ada sebagian pengguna sepeda motor yang biasa mengamankan motor saat parkir dengan menggunakan gembok, pesan saya jangan sekali-kali menempatkan gembok tersebut pada piringan sistem sensornya. Jika Anda lupa melepas gembok dan menjalankan motor Anda, maka piringan tersebut akan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut akan mengacaukan sistem rem ABS. Kalau Saya mungkin hanya akan menempatkan gembok tersebut hanya di piringan cakramnya saja.
Karena sering lupanya melepas gembok dan merusak piringan menyebabkan lampu ABS pada indikator berkedip-kedip, sampai dengan tidak berfungsinya ABS pada rem motornya.

Terima kasih atas kunjungan di blog Saya pada artikel Kelebihan Motor dengan Rem ABS dan Cara Merawatnya. Semoga artikel Saya kali ini dapat memberikan informasi kepada Anda, sukses selalu....

No comments:

Post a Comment