Saturday, October 27, 2018

Long Term Review Moge Kawasaki ER6F 650cc


Hai sobat, kali ini saya akan membuat sebuah postingan tentang Review Moge Kawasaki ER6F 650 cc atau sering juga disebut dengan Ninja 650. Postingan ini Saya buat setelah mencoba motor ini setelah kilometer mencapai 9.000 KM dari beli 3.000 KM karena punya Saya second tahun 2012, dan rasanya sudah pantas saya membuat review tentang ER6F ini. Diakhir artikel saya cantumkan video top speed yang bisa dicapai oleh Kawasaki Er6-f. Untuk memulai review ini akan Saya cantumkan spesifikasi dari ER6F.


Spesifikasi Kawasaki ER6F
FRAME
  •          Suspensi Depan New High-Tensile Steel dengan Dual Pipe Perimeter Frame
  •          Rem Depan Semi Floating 300mm
  •          Rem Belakang Single 220mm
  •          Ban Depan 120/70ZR17M/C (58W)
  •          Ban Belakang 160 / 60ZR17M / C (69W)
  •          Panjang x Lebar x Tinggi 2.100 mm x 770 mm x 1.180 mm
  •          Jarak Poros Roda 1.410 mm
  •          Jarak ke Tanah 130 mm
  •          Berat 209
  •          Kapasitas Bensin 16 Liter
  •          Trail 130 mm

ENGINE
  •          Tipe 4-Stroke, Parallel Twin Engine
  •          Maksimum Power 53 Kw (72 IPS) / 8.500 rpm
  •          Torsi Maksimum 64 N.m (6.5 kgf.m) / 7.000 rpm
  •          Diameter x Langkah 83 x 60 mm
  •          Volume Silinder 649 cc
  •          Valve System DOHC, 8 Valve
  •          Sistem Bahan Bakar Fuel Injeksi : diameter 38 mm x 2
  •          Sistem Pengapian Digital System

DRIVETRAIN
  •          Jumlah Transmisi 6 – Speed
  •          Primary Reduction Ratio 2.095 (88 / 42)
  •          Rasio Gigi Ke-1 2.438 (39 / 16)
  •          Rasio Gigi Ke-2 1.714 (36 /21)
  •          Rasio Gigi Ke-3 1.333 (32 / 24)
  •          Rasio Gigi Ke-4 1.111 (30 /27)
  •          Rasio Gigi Ke-5 0.966 (28 / 29)
  •          Rasio Gigi Ke-6 0.852 (23 / 27)
  •          Final Reduction Ratio 3.067 (46 / 15)
  •          Kopling Wet Multi – Disc


Upgrade Ke Moge
Moge (Motor Gede) ini adalah entry level, yang artinya adalah jika Anda melakukan upgrade cc motor dari 250 ke 650 maka keluarga ER6 adalah yang paling cocok. Kenapa Saya bilang paling cocok, harga dari moge ini sangat terjangkau. Untuk second hand berkisar antara 68-85 juta tergantung kepada kondisi dan veriasi yang menempel pada kendaraan ini. Selain itu populasi dari motor ini cukup banyak, sehingga sangat gampang menemui komunitasnya di kota Anda.

Harga Kawasaki ER6F
Motor ini harga baru pada tahun 2017 adalah 164 jutaan tentunya dengan model yang terbaru dari generasi sebelumnya. Untuk harga secondnya cukup terjangkau berkisar antara 74 juta sampai dengan 80 juta untuk perakitan tahun 2012, sampai dengan pembelian 2014 tahun perakitan motor ini masih 2012. Setelah tahun 2014 maka perakitan sudah tahun 2014 dengan penambahan fitur ABS pada sistem remnya.

Ketersediaan Spare Part
Sparepart dari motor ini juga tersedia lengkap di tiap dealer Kawasaki, terutama yang bersifat fast moving part. Untuk sparepart yang jarang orang menggantinya pun tersedia dengan melaksanakan indent di dealer. Yang paling Saya suka dari sistem indentnya adalah Anda akan dihubungi via sms jika sparepart pesanan Anda telah siap. Ada beberapa pengalaman dari teman-teman yang indent, Mereka mendapatkan sparepart indent dibawah 3 minggu. Harganya lumayan mahal sih, tapi worth lah dengan kelas mogenya.

Ketersediaan Variasi Moge
Dikarenakan populasi motor ini yang cukup banyak, tidak bisa dipungkiri kalau ketersediaan variasinya juga lumayan banyak type, merk dan jenisnya. Dari yang kualitas rendah sampai dengan yang high end. Untuk variasi Anda lebih mudah membelinya secara online atau mendatangi toko variasi di kota Anda yang khusus menjual variasi motor ini.

Mengenai harga, well..... Anda akan mendapatkan sesuai dengan yang Anda bayarkan, mahal atau murah tergantung pada tingkat kebutuhan Anda.

Bengkel dan Servis Center
Layanan Servis Kawasaki lumayan bagus dan banyak tersedia di hampir seluruh kota besar di Jawa, Ketrampilan dari para mekaniknya Saya akui sangat profesional, akan tetapi........ harga servis rutin untuk moge ini agak mencengangkan Rp. 350.000,- lebih mahal dari servis rutin kendaraan roda 4. Semoga saja Kawasaki dapat berpikiran untuk merubah tarif service ER6F nya, supaya pemilik motor ini rajin service ke dealer.

Riding Position
Jika kita perhatikan dari bentuknya mungkin Anda akan berpikiran motor ini jenis sport yang capek dikendarai jarak yang jauh. Betul memang jika Anda tidak pernah mengendarainya, posisi riding motor ini tidak jauh beda dengan saudaranya ER6N (Naked Version). Untuk tinggi badan 165 cm kaki Anda masih dapat menapak dengan sempurna alias tidak jinjit.

Saya sendiri pernah mengendarai motor ER6N juga ER6F, jika kita perhatikan riding posisitionnya tidak jauh berbeda. Handling dari motor ini juga tidak jauh beda. Bahkan seri ER6F dilengkapi dengan fairing sehingga angin dapat dibuang dengan sempurna. ER6F masih sangat nyaman dikendarai untuk radius jarak sampai dengan 300 KM.

Engine Performance
Dengan 650 cc tentunya untuk meraih kecepatan 180 KM/Jam dengan track 2 KM adalah hal yang sangat mudah. Torsi yang melimpah di putaran bawah dan atas membuat motor ini sangat nyaman dikendarai di kota besar. Untuk stop and go tidak memerlukan tarikan gas yang banyak, sedikit saja sudah ngacir. Pesan Saya jika Anda belum pernah mengendarai Moge agar berhati hati dalam memainkan gasnya, akan sangat berbahaya jika Anda menyamakan dengan mengendarai motor 250 cc ke bawah.... Serius lho.....


Perbedaan panas mesin antara ER6N dan ER6F juga cukup besar, untuk seri ER6F karena dilengkapi dengan fairing maka panas engine tidak terlalu terasa. Dan juga selama menggunakan motor ini Saya tidak pernah mengalami Over Heat untuk type jalan raya di Kota Malang Raya, mungkin akan berbeda dengan Jakarta yang full macetnya.

Brake Performance
Keluarga er6 agak memiliki masalah dengan performa pengereman, terutama bagian belakang. Hal ini terjadi pada motor ER6N maupun ER6F, hampir teman teman pengguna moge ini mengeluhkan tentang kurang optimalnya rem belakang.
Rem depan moge ini mengadopsi double cakram yang menurut Saya sangat pakem terutama jika digunakan pada saat pengereman mendadak. Anda harus terbiasa menggunakan kedua rem depan dan belakang secara bersamaan untuk memperpendek jarak pengereman. Menurut Saya pribadi pengereman belakang hanya berfungsi untuk mengimbangi performa rem depan.


Hal ini bisa diatasi dengan hanya melakukan penggantian selang hidrolik rem dari standart ke Hell, harga dari selang rem Hell original untuk Kawasaki ER6 berkisar 2-3 Juta tergantung daerah dan toko tempat menjual. Setelah diganti dengan selang Hell pengereman menjadi lebih powerful dan lebih pakem dari sebelumnya.

Rekap
Untuk pemula Kawasaki ER6F sangat direkomendasikan, dengan handling yang cukup mudah ditaklukkan oleh ridernya. Performance engine dengan kubikasi 649 cc sudah cukup untuk memuntahkan power sebesar 50 Kw atau 72 IPS.
Performa rem masih dapat di optimalkan dengan menggunakan selang rem Hell, sehingga Anda merasa aman mengendarai moge ini.

Video Topspeednya

Terima kasih telah membaca artikel Saya kali ini, jika Anda ada sesuatu yang ditambahkan dapat mengisi kolom komentar di bawah ini ya. See u with my next post.

2 comments:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Mantap om reviewnya jd sayang saya jualnya

    ReplyDelete