Thursday, November 1, 2018

Efek Penggunaan Oktan BBM Tidak Sesuai Kompresi Mesin

Hai teman, di artikel kali ini Saya akan membahas tentang kompresi mesin motor anda sehubungan dengan penggunaan jenis BBM. Untuk perbandingan antara BBM Saya pernah mengulasnya di Beda Premium, Pertalite dan Pertamax. Silakan diintip ya sobat.... Nah setelah mengitip artikel tersebut sobat tau betul tentang perbedaan diantara produk produk tersebut.
Beda yang mencolok pada jenis BBM tersebut adalah nilai oktannya, Saya akan buat tabelnya di bawah ya sob, supaya gampang untuk di baca.

Pertamina

  • Premium Oktan 88
  • Pertalite Oktan 90
  • Pertamax Oktan 92
  • Pertamax Plus Oktan 95
  • Pertamax Turbo Oktan 98

Shell

  • Super Oktan 92
  • V-Power Oktan 95

Total

  • Performance Oktan 92
  • Performance Oktan 95


Khusus untuk Shell dan Total mungkin sobat hanya bisa temui di pulau Jawa saja, dulu masih ada satu lagi perusahaan dari Malaysia (Petronas) akan tetapi sudah hengkang karena persaingan sengit dengan Pertamina dan yang lainnya.

Selain dari oktan yang terkandung, hal yang menjadi perhatian adalah aditif cleansing yang dapat mengurangi kerak pada sistem pembakaran kendaraan Anda. Tanpa aditif pembersih tersebut kerak yang terdapat di piston dan sistem bakar yang lain menjadi bertambah, efek penumpukan dari karbon menjadikan power kendaraan Anda menurun tajam. Bahkan dapat mengakibatkan kerusakan mesin yang permanen. 
Tapi tenang aja sob, banyak sekali metoda untuk menghilangkan deposit karbon di bengkel bengkel kesayangan Anda. Untuk sepeda motor berkisar antara 50 - 100 rb pembersihan ruang bakar, dan 80 - 150 rb untuk pembersihan sistem injeksi.

Modifikasi Ruang Bakar
Adakalanya para modifikator indonesia yang hobby memodif performa mesin dengan menaikkan kompresi motornya, tapi Anda harus diingat hitungan maksimal penaikan kompresi harus didsesuaikan dengan bahan bakar yang ada di pasaran.

Berikut ini Saya akan berikan tentang Tabel Rasio Kompresi dan Nilai Oktan Idealnya.
Nilai Rasio Kompresi Nilai Oktan
7:1 – 9:1                          88
9:1 – 10:1                        92
10:1 – 11:1                      95
11:1 – 12:1                      98
Di atas 12:1                    100
Nah jika sekarang sebelum memodif Anda lupa memperhitungkan hal tersebut, bayangkan saja kompresi mesin Sobat jadikan 12:1 dengan kebutuhan oktan 100. Nah pertanyaan Saya, Sobat mau beli BBM tersebut di mana??? Susah kan. Ada yang berpendapat gunakan aja BBM grade di bawahnya, well Saya akan bahas tentang itu di bawah nanti ya....

Sejujurnya Sobat jika pemilihan BBM disesuaikan dengan kompresi sepeda motor maka mesin sobat jauh lebih awet dan memiliki performa yang lebih baik. Resiko penggunaan BBM beroktan rendah di mesin kompresi tinggi adalah, BBM tersebut meledak lebih dahulu sebelum adanya percikan api busi. Jika itu terjadi maka mesin akan mengalami getaran, hal ini lazim disebut dengan Knocking.
Ahh biarin dah kan Cuma knocking doang.... Sobat boleh saja berpendapat seperti itu, ada beberapa pendapat dari mekanik di kota Saya. Jika gejala knocking dibiarkan dalam waktu yang lama maka mesin akan mengalami kerusakan permanen dibagian piston. Bahkan ada yang sering mengalami piston motor mereka berlobang.
Bagaimana jika di balik, Motor kompresi rendah menggunakan BBM yang beroktan tinggi, he..he... Pasti ada yang tanya kayak gini... tull gak? Nah, ciri utama BBM dengan Oktan tinggi adalah susah terbakar. Jika motor dengan kompresi rendah menggunakan BBM beroktan tinggi maka anda membuang uang dengan percuma. Kecuali jika Sobat ingin membersihkan ruang bakar dengan menggunakan BBM beroktan tinggi.

Cuman kelebihannya adalah cleansing agent yang tidak dimiliki oleh premium. Jika penggunaan sesekali saja, maka sangat dianjurkan. Jika setiap hari “ Booorooosss” donk.....

Wait.. Tapi khusus untuk motor motor jadul sangat dianjurkan menggunakan BBM dengan nilai oktan yang lebih tinggi, Mengapa??? Jawabnya adalah seiring usia motor tersebut, telah terjadi penimbunan deposit karbon di ruang bakar, maka gunakan BBM yang ada perbersihnya. Naikkanlah  grade jenis BBM yang dibutuhkan oleh motor motor usia tua... Premium menjadi Pertamax.

Jenis Motor, Rasio, Kompresi Mesin dan Jenis Bahan Bakar

  • Beat 9,2 : 1 Pertalite
  • Beat FI 9,2 : 1 Pertalite
  • Beat FI eSP 9,5 : 1 Pertalite
  • Blade 9,3 : 1 Pertalite
  • Blade FI 9,3 : 1 Pertalite
  • CB150R 11 : 1 Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95
  • New CB150R 11,3 : 1 Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95
  • CBR 150R 11 : 1 Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95
  • CBR 250R 10,7 : 1 Pertamax / Shell Super / Performance 92
  • CS1 10,7 : 1 Pertamax / Shell Super / Performance 92
  • Kharisma 9 : 1 Premium / Pertalite
  • Kirana 9 : 1 Premium / Pertalite
  • Legenda 9 : 1 Premium / Pertalite
  • Mega Pro 9,1 : 1 Pertalite
  • Mega Pro FI 9,5 : 1 Pertalite
  • New Mega Pro 9,5 : 1 Pertalite
  • New Supra X 125 FI 9,3 : 1 Pertalite
  • PCX 125 10,6 : 1 Pertamax / Shell Super / Performance 92
  • PCX 150 10,6 : 1 Pertamax / Shell Super / Performance 92
  • Revo 9,3 : 1 Pertalite
  • Revo FI 9,3 : 1 Pertalite
  • Scoopy 9,2 : 1 Pertalite
  • Scoopy FI 9,2 : 1 Pertalite
  • Scoopy FI eSP 9,5 : 1 Pertalite
  • Sonic 150R 11,3 : 1 Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95
  • Spacy 9,2 : 1 Pertalite
  • Spacy FI 9,2 : 1 Pertalite
  • Supra Fit 9 : 1 Premium / Pertalite
  • Supra X 110 9 : 1 Premium / Pertalite
  • Supra X 125 9,3 : 1 Pertalite
  • Supra X 125 FI 9,3 : 1 Pertalite
  • Supra X Helm In 9,3 : 1 Pertalite
  • Supra X Helm In FI 9,3 : 1 Pertalite
  • Tiger 9 : 1 Premium / Pertalite
  • Vario 110 10,7 : 1 Pertamax / Shell Super / Performance 92
  • Vario 110 FI 9,2 : 1 Pertalite
  • Vario 110 FI eSP 9,5 : 1 Pertalite
  • Vario 125 FI eSP 11,0 : 1 Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95
  • Vario 150 FI eSP 10,6 : 1 Pertamax / Shell Super / Performance 92
  • Vario Techno 110 FI 11 : 1 Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95
  • Vario Techno 125 FI 11 : 1 Pertamax Plus / Shell V-Power / Performance 95
  • Verza 9,5 : 1 Pertalite
  • Win 9 : 1 Premium / Pertalite

Nah saya kira cukup dulu artikel Saya tentang Efek BBM Tidak Sesuai Kompresi Mesin, semoga membantu dan jika sobat rasa dapat membantu sobat lainnya. Silakan share artikel ini yaaa. Tks

2 comments:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete