Sunday, October 28, 2018

Alternatif Subsitusi Pengganti Filter Oli CBR 250 R Single Piston

Hi bikers, kali ini Saya akan menyampaikan pengalaman setelah mengganti oli nya CBR 250 lama yang single piston. Kemarin pas KM motor mencapai 4.000 Saya putuskan untuk mengganti oli dikarenakan bukan jaraknya yang sudah mencapai 4.000 KM akan tetapi motor ini jarang sekali Saya pakai cuman dipanasi doang selama kurang lebih 5 bulan.

Nah, menurut mekanik Saya oli tetap harus diganti karena viscositas oli akan menurun jika motor tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama, Sewaktu Saya pakai setelah lama di Garasi. Terasa di tarikan yang agak lelet serta vibrasi yang berlebihan.

Segera Saya merapat ke AHASS terdekat, kebiasaan Saya sewaktu mengganti oli filter oli juga diganti. Nah, ada masalah.... Ahass tidak ready dan Saya disodorin blangko inden filter oli. Hadeuuhhhh... Padahal oli udah terlanjur di tap. Kemudian Saya tanyakan ke mekanik untuk filter oli subtitusinya bisa pakai apa? Si mekanik menjawab pelan, “bisa pakai punya Kawasaki Kaze, Pak”.


Langsung aja aku telpon ke rumah minta tolong carikan filter olinya Kawasaki Kaze, dan setelah 30 menitan datenglah filter olinya. Harga filter oli Kaze sekitar 14 rb, agak jauh dari orinya Honda CBR yang mencapai 80 rb an (+ ongkir dll).

Setelah saya perhatikan dimensi dan bentuknya sama persis, cm kalau di filter orinya CBR ada tulisan Out-Side agar gak kebalik. Di filter oli Kaze polosan tanpa tulisan.


Kemudian dipasanglah oli filter tersebut, oli Saya menggunakan Fastron Techno SAE 10 – 40 dengan API SERVICE SN. Harga oli perliternya sekitar 70 rb an, CBR 250 Single Piston ABS CBU menggunakan 1,2 L oli. Saya selalu percayakan kepada oli ini karena produk lokal (cintailah produk dalam negeri) dan oli ini sudah menggunakan teknologi nano sehingga celah mesin terkecilpun dapat terjangkau oleh oli ini.

Selesai sudah proses ganti olinya, dan setelah distarter mesin menjadi halus kembali serta nafas tarikan lebih panjang.

No comments:

Post a Comment